Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari, dampak positif dan negatif jaringan komputer

Jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari, dampak positif dan negatif jaringan komputer - Jaringan computer dalam kehidupan sehari-hari khusunya internet memberikan dampak yang sangat besar sekali dalam cara berkomunikasi. Proses komunikasi yang dulunya dengan menadatangi langsung seseorang untuk berkomunikasi, sekarang dengan adanya jaringan komputer hal tersebut tidak perlu kita lakukan lagi.

Jaringan computer khusnya internet sudah menjadi bagian yang sulit di pisahkan dalam kehipan sehai-hari.

Beberapa perangkat komunikasi seperti smarphone yang pada umumnya kenggunakan internet turut mempercepat mobilitas masyarakat

Begitu banyak yang dapat kita rasakan dari internet dalam kehidupan sahari, tetapi di balik kelebihan dan keuntunganya juga terselip dampak negative internet.

Nah dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang Jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari, dampak positif dan negatif jaringan komputer. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 

#dampak positive jaringan internet

Beberapa dampak positive yang di timbulkan dengan Adanya jaringan komputer sebagia beikut :
 
#percepatan era globalisasi sehingga masyarakat yang berjauhan dan memiliki budaya berbeda baik negara satu atau Negara lain menjadi seolah-olah sama dan tidak ada batas
 
Jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari, dampak positif dan negatif jaringan komputer
manfaat jaringan komputer
#sumber referensi lebih banyak dan arus informasi menjadi lebih cepat
 
#jarak dan tempat sudah lebih banyak dan arus informasi menjadi lebih cepat.

Untuk mengetahui manfaat jaringan komputer lebih lengkap kamu bisa membacanya disini : Pengenalan jaringan komputer serta manfaat jaringan komputer
 

#dampak negative jaringan komputer

Selain dampak positive yang di timbulkan jaringan komputer , adapun dampak negative yang di timbulkan seperti kasus-kasus yang sering muncul di telivisi akhir-akhir ini. Sebagai contohnya, misalnya kasus pencemaran nama baik melalui akun sosial jejaring, pembajakan akun di internet, dan tindakan cracking yang dilakukan oleh beberapa pihak dengan mendeface website-website resmi perusahan atau organisasi.
 
Untuk lebih rincinya sebagai berikut:

#berbagi file yang di kehendaki
jaringan sebuah komputer dapat meyebabkan kebocoran data pada pihak yang tidak bertanggung jawab, oleh karena itu di perlukan administrator yang handal dalam mengatasi kebocoran data baik itu disebekan oleh virus atau hac**ng

#mudahnya terjangkit virus dan hac**ng
inilah adalah musuh terberat bagi administrator jaringan, untuk itu bagi administrator jaringan di perlukan orang yang memiliki skill di bidang IT.

#biaya yang mahal dalam pembangunan jaringan
walaupun jarigan komputer memang sangat di perlukan dalam perusahan dan organisai, akan tetapi diperlukan pengeluaran yang tidak sedikit untuk memperbaiki kualitas jaringan yang benar-benar cepat dan efesien dalam berkomunikasi.

hal inilah yang memyebakan tidak semua orang memakai jarigan komputer dalam berkomunikasi

#diperlukan staf IT yang ahli
untuk mengatur jalannya proses komunikasi jaringan komputer yang hadal, karna biasanya jarigan komputer sering bertabrakan sehingga sering menimbulkan masalah.

Dari beberapa dampak positive dan negative jaringan komputer untuk itu kita perlu menggunakan internet dengan bijak

Arus informasi perlu diatur agar pelaku tindakan seperti yang telah di jelaskan di antas mendapat hukuman sesuai perbuatanya. Di Indonesia sedah mulai di terpakan undang-undang informasi dan transaksi elektronik (UU ITE) meskipun masih  menjadi kontroveksi bagi sebaian kalangan. Undang-undang  informasi dan transaksi elektronik merupakan hukum yang berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum, sebagaimana di atur dalam undang-undang ITE.
 
Referensi : keterampilan komputer dan pengelolaan informasi – bab1 pengenalan jaringan – halaman 9 - zamrud

Nah sekarang kamu sudah tahu bukan Jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari, dampak positif dan negatif jaringan komputer, semoga artikel tentang IT ini bisa menambah wawasan kamu, makin tahu makin tambah ilmu,sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari, dampak positif dan negatif jaringan komputer"