Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian peta, fungsi dan syarat peta, serta unsur – unsur peta

Pengertian peta, fungsi dan syarat peta, serta unsur – unsur peta - Pengertian peta – peta adalah gambaran seluruh atau sebagian permukaan bumi yang dilukiskan atau digambarkan dalam bentuk bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu dan ditambah dengan tulisan – tulisan sebagai tanda pengenal. 

Pengertian peta, fungsi dan syarat peta, serta unsur – unsur peta
Pengertian peta, fungsi dan syarat peta, serta unsur – unsur peta

Ilmu yang mempelajari tentang peta disebut kartografi, melalui peta kamu dapat melihat letak suatu wilayah  dan rilef di muka bumi, baik daratan maupun lautan.
 
#Fungsi peta
Berikut beberapa fungsi dari peta yaitu :
  • Menyajikan informasi tentang suatu tempat secara keruangan, contohnya letak dan jarak, luas dan bentuk, serta arah dan kemiringan
  • Mengambarkan ketampakan bentang alam dan budaya di muka bumi. Contohnya persebaran alami dan non alami
  • Memberikan informasi gejala geografis di atas permukaan bumi

#Syarat peta
Syarat peta yang baik secara umum sebagai berikut :
 
Konform (conform) yaitu bentuk peta yang digambarkan harus sebangun dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan
 
Ekuidistan (equidistan) yaitu jarak di peta jika dikatan dengan skalanya harus sama dengan jarak sebenarnya di lapangan
 

Ekuivalen (equivalent) yaitu daerah atau bidang yang digambarkan di peta setelah diperhitungkan dengan skalanya harus sama dengan keadaan sebenarnya
 
#Unsur – unsur peta
Suatu peta dikatakan lengkap apabila memuat unsur- unsur kelengkapan peta sebagai berikut :

Judul peta – judul peta mencerminkan isi utama peta. Judul peta umumnya diletakkan di bagian tengah atas peta. Namun, ada pula judul peta yang dituliskan di bagian kanan bawah atau kanan atas peta tergantung keseimbangan dengan gambar pada tata letak peta. Judul peta berfungsi untuk menunjukkan daerah yang digambarkan oleh peta tersebut.

Skala peta – skala peta adalah perbandingan jarak di peta dengan jarak sebenenarnya di muka bumi. Skala peta harus di cantumkan dan diletakkan berdekatan dengan judul peta . berdasarkan bentuknya, skala di bedadakan menjadi dua jenis, yaitu skala angka dan skala garis. Skala angka (skala numerik) adalah skala yang berupa atau dinyatakan dalam bentuk angka. Skala angka biasanya diletakkan pada bagian atas legenda, di dalam kolom legenda, atau pada bagian kiri atas peta. Sementara, skala garis adalah skala  yang berupa garis dengan ukuran perbandingan tertentu. Skala garis biasanya diletakkan di dalam peta pokok di atas legenda atau di dalam kolom legenda.

Penunjuk Arah (Orientasi peta)
– Orientasi peta yang di kenal dengan sebutan arah mata angin adalah petunjuk arah pada peta yang menunjukkan arah utara dengan posisi mengarah ke atas. arah mata angin digunakan sebagai tanda yang berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin peta yang bersangkutan. Bentuk atau garis orientasi arah pada peta umumnya berupa anak panah dengan huruf “U”  pada bagian atasnya, biasanya tanda arah yang digunakan berbetuk panah yang mengarah ke utara.

Simbol peta – simbol peta merupakan tanda khusus pada peta untuk mewakili objek yang dipetakan, tujuan penggunaan simbol adalah memudahkan pemakai dalam membaca dan memahami isi peta. Simbol mewakili keadaan sebenarnya di permukaan bumi, seperti jalan raya, sungai, danau, dan pelabuhan.

Sumber : Zamrud. Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jawa Tengah: Putra Nugrah

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai Pengertian peta, fungsi dan syarat peta, serta unsur – unsur peta

Khazanah pengetahuan untuk anda – peta pada masa lampau di bagi menjadi tiga jenis, yaitu peta wilayah tempat tinggal, peta langit, bintang, planet, dan pola – polanya yang berubah – ubah. Peta yang tidak digambarkan sebagai hasil dari sebuah pengamatan.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai Pengertian peta dan ulasan – ulasan tentang peta lainnya. Sampai jumpa lagi pada artikel pendidikan (IPS terpadu). Makin tahu makin tambah ilmu. Bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Pengertian peta, fungsi dan syarat peta, serta unsur – unsur peta"