Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Mouse serta cara mengoperasikan mouse yang harus kamu ketahui : untuk pemula

Apa itu Mouse serta cara mengoperasikan mouse yang harus kamu ketahui : untuk pemula - Mouse atau tetikus berguna untuk memasukkan istruktur atau perintah dengan cara klik. Pendeteksi gerkan mouse dulu menggunakan bola yan dapat bergulir ke segala arah, mouse ini selain kurang presisi juga sering kotor sehingga pengguna harus sering memuka dan membersihakan bagian bola.

Apa itu Mouse serta cara mengoperasikan mouse yang harus kamu ketahui : untuk pemula
Apa itu Mouse serta cara mengoperasikan mouse yang harus kamu ketahui
Pada saat ini sudah di kembangkan pendeteksian menggunakan lampu LED sebagai pengganti bola, mouse dengan pendeteksian LED memiliki akurasi dan tingkat presisi yang lebih tinggi.

Artikel terkait lainnya : 5 perangkat output (keluaran) yang berhubungan dengan komputer

Dan di bagian tengah mouse, sebagian tedapat tombol putar atau geser yang fungsinya untuk mempermudah dalam menaikkan atau menurunkan layar.

Nah dalam artikel kali ini saya ingin mengupas mengenai cara mengoperasikan mouse yang harus kamu ketahui : untuk pemula, apa saja itu, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 

#Cara mengoperasikan mouse yang harus kamu ketahui : untuk pemula

Berikut ini ada beberapa opersi mouse yang harus kita ketahui, diantaranya.
 
#klik kiri
Digunakan untuk mengaktifkan/memilih suatu obejek (deskop, aplikasi, ikon, file direktori dan lain-lain)
 
#klik kanan
Klik kanan digunakan untuk menampilkan menu tambahan dari suatu objek. Fungsi operasi tersebut yaitu untuk mengelurkan perintah yang tersembunyi
 
#klik ganda
Klik ganda yaitu menekan tombol mouse dua kali dengan cepat tampa menggeser maose. Digunakan untuk membuka file atau folder atau mengksekusi atau menjalankan program aplikasi
 
#drag dan drop
Drag dan drop yaitu menekan tombol maose pada ikon tampa melepas tombol mouse, kemudian menggeser mouse tersebut dan meletakkan ke posisi yang diinginkan kemudian dilepaskan
 
#pointing
Pointing yaitu menunjuk ikon dengan mouse . ponting digunakan untuk memunculkan nama ikonnya
 
#scrolling
Scrolling yaitu menggesr atau memutar scroll yang berada di tengah-tengah antara klk kanan dan  klik kiri. Fungsi dari scroll ini untuk mempermudah dalam menaikkan atau menurunkan layar.
 
Reperensi : keterampilan komputer dan pengolaan informasi – bab 2 mengoperasikan pc stand alone system opersi berbasis GUI – halaman 37 – kharisma

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan  Apa itu Mouse serta cara mengoperasikan mouse yang harus kamu ketahui : untuk pemula.

Jika dilihat cara pengoperasiannya sangatlah mudah, namun bagi kamu yang belum pernah menyentuh mouse atau menggunakannya tentu akan tidak semudah di bayangkan.

Nah, untuk melatih kemahiran kamu dalam memainkan mouse cobalah praktekkan dengan mencoba  menggerkan  mouse ke kiri dan kekanan klik ganda dan drag dan drop. Maupun ponting. Apa yang kamu rasakan, bagian mana yang paling sulit bagi kamu.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuna kamu, makin tahu makin tambah ilmu, sampai jumpa lagi,bye

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Apa itu Mouse serta cara mengoperasikan mouse yang harus kamu ketahui : untuk pemula"