Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis – jenis jaringan komputer berdasarkan area kerja dan letak geografisnya dan berdasarkan fungsinya

Jenis – jenis jaringan komputer berdasarkan area kerja dan letak geografisnya dan berdasarkan fungsinya
Jenis – jenis jaringan komputer berdasarkan area kerja dan letak geografisnya dan berdasarkan fungsinya
Jenis – jenis jaringan komputer berdasarkan area kerja dan letak geografisnya dan berdasarkan fungsinya
Berdasarkan area kerja dan letak geograisnya jaringan komputer dibedakan menjadi :

#local area network (LAN)

Local area network (LAN) merupakan jaringan privasi sebuah perusahaan yang terbatas hanya dalam area perusahaan/organisai tersebut saja. Misalnya jaringan yang ada dalam suatu ruangan atau dalam satu gedung/kampus/kantor yang areanya sekitar 100m. 

Kebanyakan jaringan LAN sekarang meadopsi teknologi IEEE 802.3. contohnya perangkatnya untuk masing-masing komputer harus terpasang Ethernet atau LAN Card dan terhubung ke sebuah  device, yaitu swich . standar kecepatan transfer data yang digunakan mulai dari 10 mbps, 100 mbps, dan 1 gbps.
Lan juga sudah bekembang dengan menggunakan media lain selain kabel. Yaitu teknologi wireless atau yang biasa dikenal dengan  istilah WLAN (Wiraless LAN).

Selain teknologi WLAN ini , muncul pula teknologi lain yang dikenal degan  istilah VLAN (virtual LAN).

Dengan menggunakan teknologi  VLAN kita bisa membangun jaringan komputer tidak di batasi oleh tempat dan area, bahkan antara cabang perusahaan/organisasi yang berbeda lokasi bisa terhubung ke dalam jaringan LAN dengan adanya teknologi VLAN.
 

#metropolitan area network (MAN)

metropolitan area network (MAN) pada dasarnya adalah gabungan dari beberpapa jaringan LAN dan runga lingkupnya berada dalam satu lokasi 50 km. misalnya jaringan yang menghubungkan kontor dengan kantor atau gedung yang satu dengan gedung yang lain yang letaknya berjauhan tetapi masih berada dalam satu lokasi/kota.


Teknologi yang biasa digunakan untuk menbangun jaringan MAN, antra lain ATM, FDDI, metro Ethernet dan beberapa juga ada yang menggunakan wireless untuk koneksi antar gedung
 

#wide area network (WAN)

Wire area network (WAN) merupakan jaringan komputer yang mencangkup daerah georafis yang laus, seringkali mencakup sabuah Negara, antar Negara , bahkan antar benua.

Gambaran dari WAN berbeda dengan internet, meskipun cangkipannya sama-sama luas.

Komunikasi WAN maih bersifat privat terbatas pada suatu oraganisasi /perusahaan, sedangkan internet bersifat public dan bisa di akses oleh seluruh lapisan masyarakat
 

#internet (interconnected networking)

Internet (interconnected networking) merupakan satu kesatuan dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar protocol TCP/IP untuk melayani kebutuhan pengguna di seluruh dunia. Wilayah cakupannya hampir sama dangan WAN tetapi memiliki perbedaan dari sisi fungsi seperti yang telah di jelaskan di atas

#berdasarkan fungsinya , jaringan kompter menjadi 2 bagian

#jaringan client-server

Jaringan clien – server merupakan jaringan komputer yang didalamnya terdaat satu atau lebih komputer yang bertindak sebagai server dan menyediakan layanan ke setiap komputer yang bertindak sebagai server dan menyediakan layaan ke setiap komputer client yang terhubung ke dalam jaringan tersebut.

Komputer client cukup mengaskes komputer server untuk mendaptkan layaan melalui jaringan. Layanan yang di sediakan oleh komputer server bisa berupa web dan database server, file server baik menggunakan FTP atau samba dan layanan-layanan lain yang bisa di akses melalui jaringan. Oleh karena itu, komputer server harus memiliki spesifikasi yang lebih tinggi di bandingkan dengan komputer client kapasitas prosessor , harddisk, dan memori.
 

#jaringan peer to peer

Jaringan peer to peer memungkinkah kita menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain tanpa perantara seperti swich. Dengan menggunakan media seperti kabel dan wireless, komputer yang satu dengan komputer yang lain bisa saling berkomunikasi dan berbagai sumber daya.

Berdasarkan distribusi sumber informasi/data, jaringan komputer dibedakan menjadi
 
#jaringan terpusat
Merupakan jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana client mengakses sumber informasi/data berupa file atau databesa yang brasal dari satu komputer server
 
#jaringan terdistribusi
Merupakan penggabungan dari beberapa jaringan terpusat sehiggga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan client membentuk sebuah system di dalam jaringan tersebut.
Berdasarkan madia trasmisi data, jaringan komputer di bedakan menjadi;
 
#jaringan kebel (wired network)
Merupakan jaringan komputer yang media transmisinya berupa kebel yang menghubungkan semua komputer atau device kedalam jaringan
 
#jaringan nirkabel (wireless network)
Merupakan jaringna komputer yang media transmisinya berupa gelombang sebagi pengganti media trasmisi kebel untuk menghubngkan komputer/device ke dalam jaringan.

Referensi : keterampilan komputer dan pengelolaan informasi – bab 1 pengenalan jaringan – halaman 6 – kharisma

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Jenis – jenis jaringan komputer berdasarkan area kerja dan letak geografisnya dan berdasarkan fungsinya, makin tahu makin tambah ilmu, sampai jumpa lagi.

Baca Juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Jenis – jenis jaringan komputer berdasarkan area kerja dan letak geografisnya dan berdasarkan fungsinya"